Spesial Ramadhan

Mudahnya Membuat Kaldu Bubuk Non MSG

Kaldu Bubuk Non MSGSekarang ini masyarakat kita sulah mulai beralih, dari yang dulu menggunakan penyedap makanan yang mengandung MSG. Tetapi sekang sudah mulai menggunakan penyedap makanan yang non msg. hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat kita peduli akan kesehatan. Salah satu alternatif penyedap makanan yang tidak mengandung msg adalah dengan menggunakan kaldu bubuk non msg. Jadi sekarang ini sudah banyak sekali beredar di pasaran untuk produk kaldu bubuk non msg. walaupun sudah banyak sekali produk-produk yang beredar di pasaran, kita tidak pernah tahu apakah produk tersebut benar-benar tidak mengandung msg. Atau malah sebaliknya produk yang beredar di pasaran walau tertera jelas tidak mengandung msg, sebenarnya masih mengandung msg. untuk mengatasi permasalahan tersebut, mengapa kita tidak mencoba untuk membuatnya sendiri. Karena dengan kita membuatnya sendiri sudah dipastikan kaldu bubuk tersebut benar-bebar bebas dari msg. Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini kita akan membahas cara membuat kaldu bubuk non msg. langsung saja bahan-bahan apa saja yang harus kita siapkan dan bagai mana cara membuatnya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Kaldu Bubuk Non MSG

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk membuat Kaldu Bubuk

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kaldu bubuk non msg adalah daging, sayuran dan juga rempah-rempah. Untuk anda yang suka bereksperimen maka bisa anda tambahkan dengan sayuran-sayuran jenis lain. Supaya kaldu bubuk yang di hasilkan akan makin nikmat dan gurih. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat kaldu bubuk non msg.

  1. Daging sebanyak 300 gram, tergantung dengan selera anda mau menggunakan daging ayam atau daging sapi. Bila anda menggunakan daging ayam sebaiknya kulit dan tulang harus di buang. Karena nanti bisa mempermudah dalam proses pembuatan
  2. Wortel sebanyak 1 buah
  3. Daun bawang sebanyak 2 batang
  4. Bawang putih sebanyak 25 siung
  5. Bawang Bombay sebanyak 1 buah
  6. Daun seledri sebanyak 2 batang
  7. Kemiri sebanyak 4 butir
  8. Garam 2 sendok makan
  9. Serai sebanyak 2 batang

Cara pembuatan Kaldu Bubuk non MSG

Bila semua bahan-bahan tersebut sudah lengkap, sekang kita akan bahas cara pembuatannya, simak baik-baik ya.

  1. Haluskan semua sayuran dan bumbu, seperti wortel, daun bawang, bawang putih, bawang Bombay, daun seledri dan juga kemiri.
  2. Setelah sayuran dan bumbu atau rempah-rempah tersebut halus, selanjutnya anda tinggal campurkan dengan daging. Usahakan dicampur dengan rata.
  3. Selanjutnya anda tinggal panaskan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan wajan teflon. Pada saat pemanasan jangan sekali-kali memakai minyak. Aduk terus menurus usahakan pada lapisan bawah tidak gosong. Pemanasan ini bertujuan untuk menghilangkan semua kadar air pada semua bahan-bahan kaldu bubuk.
  4. Dalam proses di atas biasanya membutuhkan watu satu jam bahkan bisa sampai satu setengah jam.
  5. Setelah semua bahan menjadi kering, proses selanjutnya anda tinggal blender bahan-bahan tersebut.
  6. Bahan yang sudah anda haluskan tadi selanjutnya anda sangrai lagi, ini bertujuan untuk memastikan bahan-bahan tersebut tidak memiliki kandungan air sama sekali.
  7. Selanjutnya anda blender lagi sampai benar-benar menjadi bubuk.
  8. Bila semuanya sudah selesai anda tinggal menyimpan kaldu bubuk tersebut pada wadah yang benar-benar bersih.

Itulah cara membuat kaldu bubuk non msg, sangat mudah bukan untuk anda terapkan sendri di rumah. Tentunya dengan kita membuat sendiri kita tidak pernah ragu lagi dan tentunya kaldu bubuk tersebut sehat.