Manfaatnya Tanaman Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman dengan nama ilmiah Alpinia galanga l Swartz atau biasa disebut dengan lengkuas. Tanaman ini sangat berguna untuk penyedap rasa saat memasak. Selain digunakan untuk memasak ternyata tanaman lengkuas terbukti ampuh untuk kesehatan. Menurut sejarah, masyarakat indonesia menjadikan lengkuas sebagai obat.

Kandungan Kimia Yang Terdapat Dalam Lengkuas

Menurut buku 100 top tanaman obat balitbangkes kemenkes 2011, menjelaskan bahwa tanaman lengkuas yang kaya akan manfaat adalah rimpangnya.

Rimpang dari tanaman lengkuas mengandung minyak atsiri kurang lebih satu persen dengan bahan utama:

  • Kamfer
  • Sineol
  • Asam metil sinamat

Rimpang lengkuas yang diiris dan ditumbuk akan menghasilkan minyak atsiri. Menurut buku tanaman obat karya Thomas A. Tanaman lengkuas mengandung senyawa kimia:

  • Minyak terbang
  • Eugenol
  • Seskuiterpen
  • Pinen
  • Metil sinamat
  • Kaemferida
  • Galangan
  • Galangol
  • Kristal kuning

Manfaat Tanaman Lengkuas

Karena senyawa kimia yang terkandung dalam lengkuas. Tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengobati Diare

Siapa sangka bumbu dapur yang satu ini selain menjadikan makanan menjadi lezat. Ternyata tanaman lengkuas dapat digunakan sebagai obat alami untuk diare.

Manfaat lengkuas mujarab untuk sakit diare. Mengandung zat antibakteri atau antimikroba. Zat inilah yang menghambat pertumbuhan  bakteri escherichia coli. Merupakan bakteri utama penyebab sakit diare.

  1. Mencegah Infeksi

Antimikroba yang ada pada lengkuas mujarab menghalau bakteri. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa bakteri salmonella typhi dan staphylococcus aureus dapat dibunuh dengan menggunakan ekstrak lengkuas. Rimpang lengkuas dapat menurunkan resiko infeksi bakteri yang terdapat dalam kerang mentah.

  1. Mencegah Resiko Tumor dan Kanker

Tanaman lengkuas dapat mencegah resiko tumor dan kanker, karena mengandung beragam antioksidan. Zat aktif (galagin) yang terkandung dalam lengkuas. Terbukti ampuh membunuh sel kanker.

Penelitian menyebutkan bahwa zat yang terkandung dalam lengkuas dapat melawan sel kanker. Seperti kanker payudara, usus besar, kulit, hati dan saluran empedu.

  1. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Jika kalian sering menderita radang tak perlu khawatir. Ternyata bumbu yang satu ini terbukti ampuh untuk melawan radang. Zat fitokimia  yang terkandung dalam lengkuas mujarab untuk meredakan radang dan nyeri.Tetapi masih perlu diteliti ulang.

  1. Meringankan Gejala Asma

Gejala asma yang ditimbulkan karena peradangan dan pembengkakan pada saluran napas. Dapat diredakan dengan minum air rebusan lengkuas. Tanaman lengkuas ini memiliki  antispasmodik. Efeknya adalah mampu melebarkan saluran bronkus pada paru-paru.

  1. Meredakan Batuk

Jika anda mengalami batuk Gunakanlah bumbu dapur yang satu ini untuk dikonsumsi sebagai minuman. Caranya dengan mencampurkan lengkuas yang sudah digeprek dengan air panas. Minumlah air rebusan lengkuas secara rutin.

Sejak dahulu kala masyarakat di Indonesia sering menggunakan lengkuas sebagai obat alami. Obat alami untuk menyembuhkan batuk. Lengkuas mengandung ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak. Zat anti radang inilah yang dapat meringankan gejala batuk.

  1. Mampu Menyembuhkan Luka Bakar

Zat anti radang yang terdapat dalam tanaman lengkuas berkhasiat untuk mengobati luka bakar ringan. Caranya adalah tumbuk lengkuas dan oleskan pada kulit yang mengalami luka. Hentikan pemakaian jika kulit mengalami alergi.

Itulah beberapa khasiat dari tanaman lengkuas. Jika anda ingin mengkonsumsi manfaat luar biasa lengkuas. Tetapi bingung bagaimana cara membuatnya? Sekarang tidak perlu khawatir, banyak dari toko atau apotik menjual ekstrak lengkuas di toko online. Bisa dengan mudah di dapat di blibli.com

Related posts