Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bisa Menurunkan Resiko Terinfeksi Virus Corona, Ini Cara Tepatnya!

  • Whatsapp
Virus Corona

Banyak upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penularan dari penyakit Covid 19, penyakit yang disebabkan oleh virus Corona dan memang belakangan ini cukup mewabah dengan jumlah angka kematian yang disebabkan olehnya juga tidak main-main, sampai dengan puluhan ribu jiwa dan diprediksikan akan terus mengalami peningkatan. Karena nyatanya kasus tersebut di seluruh dunia juga terus mengalami pertambahan dari waktu ke waktu.

Sebenarnya virus tersebut bisa menginfeksi siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua sekalipun, khususnya adalah mereka yang memiliki kekebalan tubuh lemah dan juga penyakit bawaan sebelumnya maka resikonya juga jadi semakin besar. Hingga tak jarang yang memicu terjadinya komplikasi sampai dengan kematian. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari infeksi virus tersebut, mulai dari menerapkan social distancing, apalagi sekarang pemerintah tengah menggalakkan sistem kerja dari rumah atau work from home. Kemudian juga dengan menjaga kebersihan dengan rutin cuci tangan memakai sabun sampai pemakaian masker saat keluar rumah.

Salah satu langkah lainnya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diantaranya adalah berjemur di bawah sinar matahari. Lalu sebenarnya benarkah dengan berjemur mampu mencegah infeksi virus Corona ini, sebelumnya ketahui manfaat berjemur terlebih dahulu, yaitu:

  1. Membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, inilah yang berfungsi untuk melawan berbagai jenis infeksi, termasuk diantaranya adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri, jadi tak heran jika seandainya berjemur membantu untuk mencegah terjangkit Covid 19.
  2. Dapat mengurangi depresi, karena memang dengan terkena sinar matahari, maka nantinya tubuh akan melepaskan hormon serotonin yang membuat perasaan menjadi lebih bahagia.
  3. Membuat tulang menjadi lebih kuat, sinar matahari bisa mengaktifkan vitamin D yang ada di dalam tubuh. Dimana manfaat dari vitamin D ini sendiri memang banyak, termasuk diantaranya adalah menguatkan tulang dan juga gigi.
  4. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak, nyatanya dengan terkena sinar matahari juga akan meningkatkan kualitas tidur Anda, sehingga nantinya jadi lebih nyenyak.

Lalu bagaimanakah cara berjemur yang baik untuk mendapatkan manfaat tersebut? Berikut ini yang harus Anda terapkan, yaitu:

  1. Waktu berjemur paling ideal sebenarnya adalah mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 11 siang, karena sinar UV tidak terlalu banyak dipancarkan, namun sebisa mungkin tetap menghindari paparannya secara langsung untuk jaga kesehatan kulit.
  2. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari secara langsung tersebut. Paling tidak hal ini nantinya sangatlah berguna untuk mencegah kulit agar tidak sampai terbakar oleh sinar matahari. Carilah yang memiliki SPF sebanyak 30.
  3. Pakailah kacamata hitam, untuk melindungi mata Anda dari bahaya paparan sinar UV secara langsung, karena bisa saja nantinya dapat merusak mata, maka usahakan untuk memakai kacamata hitam.
  4. Berjemur dengan durasi antara 15 sampai dengan 30 menit, jangan terlalu berlebihan, apalagi pada siang hari karena bisa jadi nantinya merusak kulit Anda.
  5. Harus tetap mengonsumsi air putih secara cukup, sehingga terhindar dari dehidrasi, karena ketika terkena panas tubuh akan lebih cepat kehilangan cairan.

Mudah bukan, jadi cobalah untuk menerapkan beberapa langkah tersebut agar bisa terhindar dari infeksi virus Corona. Temukan berbagai informasi seputar kesehatan lainnya, termasuk juga tentang wabah Covid 19 ini lebih lengkap di Halodoc.

Related posts