Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Saja Peran Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

  • Whatsapp
Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Saja Peran Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah merupakan salah satu dokter yang secara spesifik ahli dalam bidang pengobatan penyakit yang ada kaitannya dengan penyakit jantung dan pembuluh darah atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan dokter kardiovaskuler. Biasanya dokter yang khusus dan spesifik menangani masalah jantung serta pembuluh darah awalnya merupakan dokter umum yang kemudian berhasil mengambil profesi spesialis untuk jantung dan pembuluh darah.

Kita tahu bahwa penyakit seperti jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan bagi manusia. Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung memiliki berbagai macam pantangan yang perlu dihindari yang merupakan suatu tindakan untuk mencegah serangan jantung mendadak yang kapan saja bisa terjadi. Pantangan-pantangan tersebut biasanya berasal dari makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi serta kegiatan-kegiatan yang perlu dihindari oleh penderita penyakit tersebut.

Biasanya dokter yang menangani masalah penyakit jantung serta pembuluh darah memiliki banyak pengetahuan mengenai tindakan apa saja yang diperlukan untuk mencegah serangan jantung, diagnosis serta berbagai macam pengobatan penyakit kardiovaskular seperti tekanan diri sampai dengan penyakit serangan jantung. Tindakan tersebut biasanya meliputi berbagai hal seperti:

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Saja Peran Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

  1. Dalam memberikan diagnosis, seorang dokter yang khusus menangani penyakit jantung dan pembuluh darah akan mencoba untuk menelusuri riwayat kesehatan pasien serta gejala apa saja yang dirasakan. Berangkat dari sini kemudian dokter akan memberikan dan melakukan pemeriksaan fisik pada jantung dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada gangguan yang terjadi pada jantung pasien.
  2. Langkah selanjutnya bila sudah selesai pemeriksaan fisik pada jantung akan dilanjutkan dengan pemeriksaan EKG atau elektrokardiografi, rontgen, CT scan, MRI serta angiografi.
  3. Selanjutnya akan dilakukan ekokardiogram atau USG Jantung dan dilanjutkan dengan stress test atau tes latihan treadmill serta tes darah.

Setelah pemeriksaan tersebut di atas sudah selesai, biasanya dokter akan melanjutkan dengan melakukan penanganan untuk memberikan pengobatan dari penyakit yang sedang di derita oleh pasien tersebut. Tentunya pengobatan tersebut terdiri dari obat-obatan serta berbagai macam prosedur medis yang juga dibutuhkan oleh pasien dan sesuai dengan diagnosis yang telah diberikan sebelumnya. Biasanya tujuan dari pengobatan ini adalah untuk menjaga kondisi tubuh pasien agar tetap stabil dan bisa juga digunakan untuk mengendalikan gejala dalam jangka panjang dan juga kemungkinan untuk menyembuhkan penyakit yang di derita oleh pasien.

Tidak hanya diberikan penanganan medis saja. Namun pasien juga aka diberikan pengarahan untuk bisa menjaga dan menstabilkan stres, melakukan diet sehat serta dituntut untuk rajin melakukan olahraga sehingga kondisinya bisa menjadi lebih baik. Dokter juga akan memberikan tindakan medis khusus yang diberikan untuk pasien yang menderita penyakit jantung seperti kateterisasi jantung, angioplasti, angiografi serta implan akan pacu untuk jantung yang biasanya ditanam yang di bawah kulit dada atau perut pasien penderita.

Ada beberapa gejala yang mengharuskan Anda untuk segera periksa ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, yaitu saat Anda merasakan adanya nyeri pada dada yang menjalar ke punggung, dada, lengan dan tenggorokan. Selain itu juga saat Anda tiba-tiba mengalami sesak napas, detak jantung tidak beraturan serta mual. Jika sudah merasakan gejala-gejala tersebut segera berkunjung dan konsultasikan dengan dokter spesialis dan segera mendapatkan pertolongan yang intensif karena serangan jantung memiliki resiko tinggi dapat menyebabkan kematian.

Related posts