Lebih Mengenal Ma’rum Amin Sebagai Pasangan Jokowi

Jokowi Ma’ruf AminPasangan jokowi ma’ruf amin merupakan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada pesta demokrasi 2019. Pasangan ini memakai no urut satu pada pemilu 2019. Saat ini KH Ma’ruf Amin telah menjadi perbincangan publik karena mendampingi jokowi untuk menjadi calon wakil presiden 2019 sampai 2024. Untuk anak zaman sekarang mungkin tidak mengenal sosok beliau. Maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai ma’rif amin. Yang telah di usung sebagai pasangan jokowi.

Pada tanggal 9 Agustus 2018 silam jokowi mengumumkan bahwa yang akan mendampingi beliau untuk maju pada pilpres 2019 adalah ma’ruf amin. Pada saat itu sebagian pihak kecewa atas keputusan yang telah diambil jokowi. Karena sebelumnya sempat terdengar isu bahwa yang akan mendampingi jokowi adalah Mahfud MD. Akan tetapi keputusan yang diambil berbeda, malah jokowi memilih ketua Majelis Ulama Indonesia yakni Ma’ruf Amin.

Pemilihan Ma’rif Amin sebagai calon wakil presiden pada saat itu telah di setujui oleh 9 parpol koalisi yang mendukung jokowi. Jokowi Ma’ruf Amin sekarang akan berjuang pada pilpris 2019. Untuk kalian yang masih penasaran akan sosok KH Ma’ruf Amin yang bisa terpilih untuk mendampingi jokowi. Berikut adalah ulasan mengenai latar belakang KH Ma’ruf Amin.

Jokowi Ma'ruf Amin

Mendampingi Jokowi, Nasionalis-Religius

Rekam jejak ma’ruf amin sebagai ulam besar membawanya terpilih untuk dijadikan pendamping jokowi sekaligus melengkapi jokowi. Ma’ruf Amin lahir di Tangerang pada tanggal 11 Maret 1943, beliau merupakan anak dari KH Mohamad Amin dan cicit dari Syaikh Nawawi Al-Bantani yang merupakan imam di masjidil haram.

Lahir dari keluarga islam, membuat Ma’ruf Amin menempuh pendikikan islam sejak ia masih kecil sampai dengan remaja. Salah satu pondok pesantren tempat Ma’ruf Amin belajar ialah pondok pesantren tebu ireng, jombang jawa timur. KH Ma’ruf Amin selalu bergerak pada organisasi islam ia pernah menjabat sebagai ketua MUI. Dan juga menjabat sebagai Rais’Aam Syuriah Pengurus besar Nahdatul Ulama (PBNU) dari bulan Agustus 2015.

Ma’ruf Amin menempuh pendidikan bukan hanya dari keagamaan saja. Melainkan beliau juga mendapatkan gelar Doctor Honaris Causa dengan bidang disiplin ilmu hukum Ekonomi Syariah yang ia dapatkan dari kampus UIN Syarif Hidayatullah. Pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 ia pernah masuk ke ranah pemerintahan yakni menjadi dewan pertimbangan presiden selama dua kali untuk bidang Kehidupan Beragama dan Hubungan Antar Beragama.

Ma’ruf Amin juga Menjadi Guru Besar Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah dari UIN maulana Malik Ibrahim. Selain itu beliau juga aktif di dunia politik dimulai sejak tahun 1971. Hasilnya Ma’ruf Amin pernah menjadi anggota MPR DPR dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dan juga pernah menjadi angota DPRD DKI dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Kekayaan yang di Miliki

Dari sebuah data yang didapatkan Ma’ruf Amin memiliki harta kekayaan sebesar Rp. 12,30 Miliar. Akan tetapi beliau mempunyai utang sebesar Rp. 657,58 juta, jadi jika ditotal semua kekayaan yang dimiliki oleh Ma’ruf Amin sebesar Rp.11,65 Miliar.

Berikut adalah semua aset yang dimiliki oleh Ma’ruf Amin

  • Memiliki sebanyak 10 unit tanah senilai Rp. 6,98 miliar
  • Memiliki dua buah mobil pribadi berupa Toyota Alphad senilai Rp. 1,1 Miliar dan Toyota Fortuner senilai Rp. 527,9 juta
  • Uang simpanan atau kas senilai Rp. 3,47 Miliar
  • Harta bergerak lain senilai Rp. 226 Juta

Itulah sekilas mengenai KH Ma’ruf Amin selaku calon wakil presiden jokowi untuk periode 2019 sampai 2024.