Spesial Ramadhan

Kampanye Terbuka Jokowi di Dumai Riau

Jokowi – Pada hari selasa 26 Maret 2019 di Dumai Riau Calon presiden calon presiden No urut satu Joko Widodo melakukan kampanye terbuka. banyak sekali hal yang disampaikan oleh jokowi diantaranya dalah mulai dari fitnah terhadap jokowi, kapal Ro-Ro Dumai – Malaka, hingga samapi alasan jokowi sering memakai baju putih.

Kampanye Terbuka Jokowi di Dumai Riau

Penyelenggraan Kampanye terbuka tersebut berlangsung di Lapangan Bukit Gelanggang, Kota Dumai, Riau. Dalam kesempatan kampanye tersebut, Jokowi meminta waga masyarakat untuk memilih beliau dengan cara menoblos surat suara dengan gambar foto beliau yang memakai baju berwarna putih. Pada kesempatan tersebut Jokowi juga menerangkan mengapa Jokowi menggunakan baju berwarna putih. “Karena baju putih ini murah, semua rakyat Indonesia memiliki, kalau pakai jas mahal. Bener ndak?” Ungkap Jokowi pada kesempatan kampenye terbuka yang diadakan di Dumai Riau.

Menurut Jokowi mengapa beliau sangat sering mengunakan baju putih, karena jas merupakan pakaian orang Eropa dan Amerika. sedangkan Orang Indonesia, harus mengunakan baju warna putih karena dari segi harga jauh lebih murah dibandingkan dengan jas. Keta semua sudah mengetahui bahwa calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilu 2019 terdapat dua buah pasangan. Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai pasangan calon No Urut satu akan memaki baju warna putih dalam surat suara pemilihan presiden 2019 dan lawannya dengan No Urut dua menggunakan jas berwarna hitam dan dasi berwarna merah. Jokowi menjelaskan dan mengajak warga bawha pada tanggl 17 April 2019 untuk bisa berpartisipasi dan datang ke tempat pemungutan suara untuk mencoblos potret Jokowi yang menggunakan baju berwarna putih. Karena pilihan mereka sangatlah berarti bagi Jokowi, untuk bisa memenangkan pesta demokrasi 2019.

Selain menjelaskan mengenai baju putih, Jokowi juga menjelaskan tentang proyek kereta api rute Labuhan Batu yang berada di Sumatra Utara menuju Dumai Riau. Jokowi menjelaskan ada slah seorang yang membisiki dan bertanya mengenai kelanjutan proyek tersebut. “Saya sampaikan segera dan dilanjutkan,” ungkap Jokowi dan direspon dengan sambutan tepuk tangan yang meriah oleh warga. Pada dasarnya bila kita melihat catatan Bisnis, proyek kereta tersbut merupakan proyek lama yang dibahas bahkan sebelum pemerintahan Jokowi. Akan tetapi sampai saat ini, proyek jalur kereta api tersebut masih belum bisa terwujud. Jadi masih belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selanjutnya pada kampanye terbuka tersebut Jokowi juga sempat menjelaskan mengenai beliau menyetujui pengoperasian kapal Ro-Ro (roll on-roll off) untuk rete Dumai Malaka yang disebutnya masih dalam proses pada saat ini. “Kapal fery Ro-Ro Malaka-Dumai saya setujui, saya acc hari ini,” kata Jokowi pada kesempatan tersebut. Penetapan rute Dumai Malaka adalah kesepakatan Master Plan on ASEAN Connectivity yang telah disetujui oleh pemimpin Asia Tenggara.

Terakhir Jokowi menyampaikan bahwa dirinya merasa selalu difitnah selama menjabat sebagai presiden negara Indonesia.  Tidak Cuma difitnah Jokowi juga merasa dirinya selalu di jelek-jelekkan selama hampir 4,5 tahun selama iya menjabat sebagai presiden. Salah satu fitnah yang beliau ungkapkan dalam acara tersebut adalah mengenai larangan azan. Menurut Jokowi hal tersebut sangat tidak mungkin terjadi, apalagi wakil pasangan calon presiden merupakan mantan ketua Majelis Ulama Indonesia. “Logikanya itu loh. Mikir! Mikir!” kata Jokowi pada acara tersebut. Jokowi sangat membantah hal tersebut bisa terjadi bila ia bisa memenangkan kembali, itu semua hanyalah fitnah untuk beliau.