Spesial Ramadhan

9 Cara Mudah Airbrush Body Motor Khusus untuk Pemula

Tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk berkendara, motor juga bisa berfungsi sebagai kanvas. Anda bisa memoles bagian body agar tampil lebih trendi dan keren. Khusus untuk pemula, tidak perlu menguasai teknik-teknik dalam seni melukis. Sebab dengan 9 cara ini saja sudah bisa membuat tampilan kendaraan Anda jauh lebih unik dari sebelumnya.

9 Cara Mudah Airbrush Body Motor

Airbrush Body Motor

  1. Lengkapi Peralatan untuk Mengecat

Perlengkapan untuk airbrush kendaraan beroda dua cukup dengan spray gun special, pensil, cat, cuter, maxing tape, serta lakban. Hanya saja, peralatan tersebut ada yang bersifat aplikatif maupun untuk desain pola catnya. Bila Anda masih ragu, boleh sambil menonton video di Youtube. Sekarang sudah banyak kok yang pasang video terkait airbrush untuk kendaraan.

  1. Siapkan Motifnya Dulu

Kalau alat-alatnya sudah lengkap, tinggal menyiapkan motifnya dulu. Caranya dengan berselancar ke mesin pencari. Lalu Anda cari motif yang sekiranya menancap di hati. Kemudian ikuti polanya dengan pensil di atas kertas. Nantinya, hasil sketsa Anda bisa diaplikasikan ke proses pengecatan kendaraan. Kalau tidak bisa melukis, bisa langsung print.

  1. Lepas Body Kendaraan

Soal copot-mencopot body-nya tidak sulit, kan? Pastikan semua bagian body kendaraan Anda terlepas. Kemudian Anda ampelas permukaannya agar halus dan siap untuk ditimpa cat khusus. Tunggu sampai mengering dulu. Harap jangan kasih air, ya. Sebagai gantinya, langsung Anda lap saja dengan kanebo.

  1. Cat Bagian Dasar Body Kendaraan

Tujuan utama pengecatan ini untuk menimpa warna cat lama. Boleh jadi berasal dari pabrikan ataupun hasil cat ulang. Pastikan semua bagiannya tertutupi oleh cat dasar. Untuk memastikannya, cek kembali setelah pekerjaan ini selesai. Nantinya biar warna cat motor Anda jauh lebih kuat dari sebelumnya.

  1. Mulai Mengecat Warna Dasar Motif

Setelah ditimpa, langsung kasih cat warna khusus sesuai karangan Anda. Bentuk pola dasarnya jika sudah menguasai teknik melukis langsung via body. Tapi perlu hati-hati. Kalau belum bisa, cat pakai warna yang senada dengan tone bawaan. Pastikan warnanya menyelubungi seluruh bagian body kendaraan Anda.

  1. Mulai Membuat Motif pada Body

Biar lebih enak, potong dulu motif hasil sketsa Anda. Kemudian tempelkan di dekat body kendaraan Anda agar mudah dijiplak. Kalau sudah ahli, bisa langsung ke body-nya. Hanya saja, untuk pemula tentu berisiko terjadi pengecatan ulang. Sayang kan kalau harus beli cat lagi gara-gara kurang pas dengan harapan pribadi.

  1. Tutupi Motif dengan Maxing Tape

Sambil menunggu kering sempurna, tutupi dengan maxing tape. Tapi bisa pula dengan lakban yang sudah Anda siapkan tadi. Hanya saja, perlu mengikuti garis motif agar tidak terkena debu atau benda lain yang bisa merusak cat baru Anda. Tapi, jangan menekan terlalu keras ke bagian catnya, ya. Nanti jadi sulit terlepas. Selain itu, bisa membuat tone warnanya memudar.

  1. Lakukan Pengecatan Permanen dengan Spray Gun

Inilah inti dari teknik airbrush kendaraan beroda dua Anda. Namun sebelum menyemprot, perlu perhatikan kekentalan cairannya dulu. Jangan terlalu kental dan tidak boleh terlalu cair. Sedang-sedang saja. Untuk mengetesnya, bisa Anda semprotkan ke benda lain yang serupa dengan body kendaraan. Jika sudah pas, semprotkan mengikuti motif yang Anda buat.

  1. Lapisi dengan Pernis

Tujuan pelapisan pernis ini untuk membuat motif cat terasa lebih sempurna dan nyata. Terapkan cara terakhir ini dengan hati-hati biar tidak mengubah tatanan cat yang sudah Anda buat sebelumnya. Cukup mudah, kan?

Itulah 9 cara mudah untuk airbrush motor kesayangan Anda. Kapan lagi punya kendaraan dengan tampilan keren sesuai keinginan? Mengenai motif, bisa berupa perpaduan warna abstrak, karakter khusus, ataupun gambar 3 dimensi. Khusus untuk 3 dimensi, perlu teknik melukis yang lebih tinggi untuk merealisasikannya. Jadi, siap belajar terus, kan?.