4 Tempat Wisata yang Unik dan Keren Di Cirebon

  • Whatsapp
Keraton Kasepuhan

Cirebon merupakan salah kota di Jawa Barat yang paling timur lokasinya, sehingga Cirebon ini menjadi perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Selain itu, Cirebon ini juga terkenal dengan para walinya. Karena memang dulu banyak wali-wali yang menyebarkan Islam di Cirebon. Di Cirebon juga banyak sekali tempat-tempat wisata yang unik dan keren, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Cirebon. Berikut 4 tempat wisata yang unik dan keren di Cirebon:

4 Tempat Wisata di Cirebon

Keraton Kasepuhan

  1. Keraton Kasepuhan

Tempat wisata yang unik dan keren di Cirebon yang pertama adalah Keraton Kasepuhan. Dimana keraton ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Keraton yang awalnya dinamai Keraton Pakungwati ini dibangun sebagai pusat pemerintahan Cirebon pada masa lalu. Dan nama keraton di Cirebon ini kemudian dirubah menjadi Keraton Kasepuhan setelah adanya pembagian wilayah keraton pada masa pemerintahan Pangeran Mertawijaya, yang dikenal sebagai Sultan Sepuh Mohammad Syamsudin Mertawijaya. Di keraton ini, anda bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah seperi meriam mini, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, lukisan antik Prabu Siliwangi, gamelan dari tahun 1426, dan kereta kencana.

Keraton Kanoman

  1. Keraton Kanoman

Tempat wisata lainnya yang tidak boleh anda lewatkan di Cirebon adalah Keraton Kanoman. Apalagi Keraton Kanoman ini merupakan destinasi wisata bersejarah di Cirebon yang tidak kalah populernya dari Keraton Kasepuhan. Walaupun sudah mengalami renovasi, namun Keraton Kanoman ini masih tetap mempertahankan dekorasi dan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Di keraton ini anda bisa menemukan berbagai koleksi benda bersejarah seperti kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris, kerajinan keramik, dan lukisan. Keraton yang dibangun pada tahun 1678 ini, masih teguh memegang adat dan tradisinya hingga saat ini. Salah satu tradisi yang hingga kini masih dilestarikan adalah Ritual Panjang Jimat yang biasa diadakan setiap bulan Maulid.

Acara ritual ini diawali dengan melakukan pencucian benda-benda pusaka milik Keraton Kanoman selama 40 hari yang akan dlanjutkan dengan prosesi arak-arakan benda pusaka dan gunungan hasil bumu dari pendopo Jinem menuju Masjid Keraton Kanoman. Acara ini digelar, selain memiliki filosofis tinggi, ritual ini juga bisa menjadi ajang syukuran bagi warga sekitar Keraton Kanoman. Jika anda ingin mengunjunginya, Keraton Kanoman ini buka setiap hari untuk wisatan pada pukul 09.00-17.00. Dan pengunjung diharuskan membayar tiket masuknya seharga Rp. 7.000.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

  1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini merupakan masjid tertua di Cirebon dan berlokasi di kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid ini sangat unik, karena memiliki gaya arsitektur yang didominasi oleh pengaruh Kerajaan Islam pada masa lau. Hal ini bisa dilihat dari atas masjid yang tidak memiliki kubah seperti masjid-masjid lain pada umumnya. Konon pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini melibatkan ratusan tokoh penting pada waktu itu, seperti dari Kerajaan Crebon, Demak, dan Majapahit. Bahkan Sunan Gunung Jati telah menunjuk Sunan Kalijaga untuk merancang arsitektur masjid tersebut. Bukan hanya itu, selain gaya arsitekturnya yang masih awet hingga sekarang, namun ada juga satu tradisi yang masih dipertahankan di masjid ini hingga sekarang, yaitu adzan pitu. Adzan pitu ini adalah ritual adzan yang dilakukan oleh 7 muadzin secara bersamaan. Dan adzan pintu ini hanya dikumandangkan setiap salat Jumat saja.

Telaga Remis

  1. Telaga Remis

Di tempat ini akan disuguhkan pemandangan alam yang indah khas kaki Gunung Ciremai, ditambah dengan udaranya yang sejuk dan asri. Telaga Remis ini berjarak sekitar 20 KM dari pusat kota Cirebon, tepatnya berada di Kaduela, Kuningan, Telaga Remis. Konon tempat ini dulu menjadi tempat pertapaan Raja Siliwangi.

Itulah 4 tempat wisata yang unik dan keren di Cirebon. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sudah beli tiket kereta online di misteraladin untuk berliburan nanti ya.

Related posts