Yuk Ketahui Tentang eSport

  • Whatsapp
eSport

ESport adalah salah satu olahraga elektronik yang memang berasal dari dunia gaming, sedangkan gaming sendiri adalah game, yang hanya dimainkan untuk mengisi waktu luang dan tidak bertujuan untuk menjadi player yang profesional. Hal ini dijelaskan oleh Dedy Irvan selaku pengamat dunia gaming dan eSports yang GridGames Dedy menjelaskan “Main game itu hanyalah rekreasi, sedangkan eSport itu profesi. Ini merupakan suatu perbedaan antara keduanya,”

Dedy juga menjelaskan kalau eSport itu sebenarnya adalah game yang dipakai seseorang untuk dijadikan sebagai profesi. “Kerjanya itu memang main game, tapi istirahatnya itu nggak main game,” lanjut Dedy. Karena masuk ke ranah olahraga, atlet eSport pun juga berpenampilan berbeda dengan game biasanya.

Seluruh Atlet eSport mengenakan seragam atau yang biasa disebut jersey layaknya atlet cabang olahraga lain pada umumnya, selain itu mereka juga bermain untuk tim, bukan untuk individu. Mereka juga harus mengikuti latihan atau dilatih secara profesional oleh sang pelatih yang bakal menunjang performa pemain saat bertanding. “Kalau atlet eSport harus latihan terlebih dahulu, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi para pemainnya lebih tinggi dan responsnya akan lebih cepat,” ujar Dedy. Menurut Dedy, pemahaman akan olahraga eSport perlu ditekankan untuk mendukung kesuksesan industri eSport sendiri khususnya di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa jenis game yang biasa di lombakan dalam eSport

  1. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Game Multiplayer Online Battle Arena atau yang sering kita sebut MOBA merupakan salah satu jenis game yang sedang hangat-hangatnya, termasuk di Indonesia. Game ini mode permainan multi-player dalam setiap permainannya membuat game MOBA ini semakin banyak diminati oleh kalangan anak muda saat ini, terlebih semenjak munculnya game mobile MOBA yang bernama Mobile Legends.

Namun sebelum Mobile Legends yang dimainkan bisa dimainkan di smartphone, game MOBA jauh-jauh hari sudah populer dengan menggunakan PC sebagai perangkatnya, bahkan hingga sekarang.

Yang diunggulkan dari game MOBA salah satunya yaitu sebuah tim yang melibatkan banyak pemain, biasanya dari setiap tim terdiri dari lima orang yang masing-masing pemain hanya bisa mengendalikan satu tokoh dalam game untuk melawan tim lainnya.

MOBA juga merupakan salah satu jenis eSport yang sering dilombakan dan sering memecahkan rekor, baik dari jumlah penonton yang melihat maupun hadiah yang didapat oleh para pemenang. Adapun game MOBA yang dilombakan baik itu level nasional maupun internasional diantaranya Dota 2, Heroes of The Storm, League of Legends, Mobil Legends Bang Bang, Vainglory, dll.

  1. Sports Games

Sports Games adalah salah satu jenis game dari bidang olahraga yang ada di dunia baik itu jenis olahraga yang dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Ada berbagai jenis eSport yang sering dilombakan dalam Sport Games yang merupakan simulasi dari berbagai cabang olahraga, seperti Sepak bola, bela diri, tenis, panahan, bowling, panahan, memancing, dll

Layaknya seperti olahraga sungguhan, Sports Games merupakan game yang banyak digemari orang. Banyak game yang bisa Anda mainkan diberbagai media, baik itu mesin arcade, console, PC, laptop, maupun smartphone.

Adapun Sports Games dalam eSport yang biasa dilombakan baik itu di level nasional maupun internasional, game tersebut diantaranya World Cyber Game, Electronic Sport League, dll.. Sedangkan game lainya seperti: Rocket League, NBA 2K, Madden NFL, FIFA, dll. Biasanya ikut dilombakan.

Itulah informasi mengenai eSport yang bisa saya berikan untuk Anda semoga bermanfaat. Sebelum Anda memainkan eSport pastinya Anda membutuhkan data dalam memainkannya, jika Anda membutuhkan Voucher Data Anda bisa langsung mengunjungi blibli.com untuk mengetahui informasi lebih jelasnya.

Related posts